Analisis Pelaksanaan Metode Inkuiri dalam pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tanah Grogot
Armilla, Nur, 2023. Analisis Pelaksanaan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tanah Grogot. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. H. Haeruddin, M,Si dan (II) Dr. Sugeng, M.Pd. Pelaksanan proses pembelajaran terdiri atas kegiatan perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri di kelas VIIIb SMP Negeri 7 Tanah Grogot pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjeknya yaitu siswa kelas VIIIb dan seorang guru matematika kelas VIIIb SMP Negeri 7 Tanah Grogot. Objek pada penelitian ini merupakan pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri pada materi teorema Pythagoras kelas VIII. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksaan proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran inkuiri di SMP Negeri 7 Tanah Grogot dilaksanakan dalam dua kali pertemuan pada Kamis dan Jum’at. Kegiatan perencanaan yang dilakukan oleh guru adalah mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan bahan ajar. Pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri diawali dengan kegiatan pendahuluan seperti guru memberi salam, mengarahkan siswa untuk berdoa, memeriksa kehadiran siswa, serta memberikan motivasi dan tujuan pembelajaran.kemudian dilanjutkan kegiatan inti dengan langkah-langkah metode inkuiri yaitu tahap pertama orientasi (guru memberikan pengetahuan awal agar siswa termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran), tahap kedua merumuskan masalah, tahap ketiga merumuskan hipotesis, tahap keempat mengumpulkan data, tahap kelima menguji hipotesis, tahap keenam merumuskan kesimpulan. Dalam pembelajaran tersebut guru menggunakan perangkat pembelajaran untuk mendukung keberhasilan pembelajaran diantaranya yaitu RPP, media pembelajaran berupa LKPD yang dilengkapi dengan alat peraga, dan bahan ajar. Selain itu, Hasil belajar dalam penggunaan perangkat pembelajaran tersebut sesuai dengan indikator pembelajaran yaitu siswa mampu membuktikan rumus dari teorema Pythagoras,
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Pelaksanaan Metode Inkuiri dalam pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tanah Grogot |
---|---|
Pengarang | NUR ARMILA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR a 2023 |
Subyek | pelaksanaan pembelajaran matematika metode Inkuiri |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY