UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK B3 DI TK ISLAM SILMI SAMARINDA
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada anak kelompok B3 di TK Islam Silmi Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakam kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan deskriptif dalam bentuk rata-rata dan persentase peningkatan ketuntasan belajar, dengan tahapan (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan dengan 3 siklus, dalam satu siklus terdiri atas 3 pertemuan. Sebelum diadakan tindakan kelas peneliti terlebihdahulu melaksanakan Pra tindakan yang mana dilakukan sebelum menggunakan papan flanel, disini dapat diperoleh nilai rata-rata 49,6%. Hasil penelitian
menunjukkan data yang diperoleh adalah pada siklus I pertemuan (1,2,3) dengan presentase rata-rata sebesar 61,5% dengan kriteria Baik memperoleh peningkatan 11,9% dari pra tindakan, pada siklus II pertemuan (1,2,3) menjadi 84,72.% dengan kriteria sangat baik meningkat sebesar 23,2% dan pada siklus III pertemuan (1,2,3) menjadi 93,8% dengan kriteria baik meningkat 9,1%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui beberapa tindakan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap kegiatan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel pada kelompok B3 di TK Islam Samarinda.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA KELOMPOK B3 DI TK ISLAM SILMI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NOVITA SARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NOV u 2023 |
Subyek | Anak Usia 5-6 Tahun membaca permulaan papan flanel |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY