Detail Cantuman Kembali
Karina Zulfarida - Personal Name

Pemetaan Kerawanan Bencana Banjir dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara APT Pranoto Terhadap Zona Nilai Tanah (ZNT)

Karina Zulfarida, 2023. “Pemetaan Kerawanan Bencana Banjir dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara APT Pranoto Terhadap Zona Nilai Tanah (ZNT)”. Dibimbing oleh Dr. Djayus, M.T. dan Dr. Rahmawati Munir, M.Si. Bandar Udara Nasional APT Pranoto yang berada di Kelurahan Sungai Siring dikelilingi oleh beberapa desa, yaitu Kelurahan Budaya Pampang, Kelurahan Tanah Merah, Desa Sungai Bawang, dan Desa Tanah Datar. Hal tersebut yang menjadi faktor penting dalam perkembangan perekonomian baru di wilayah penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa parameter untuk menghasilkan beberapa output, yaitu curah hujan, kemiringan lereng, penggunaan lahan, jenis tanah, dan harga tanah. Output untuk menghasilkan peta rawan banjir, dilakukan dengan metode skoring, dan interpolasi IDW yang menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas curah hujan maka sangat rawan terhadap banjir, terutama pada zona perkembangan perekonomian baru karena didukung dengan keadaan tanah yang sangat datar. Adapun faktor yang mempengaruhi nilai tanah di zona tersebut yaitu radius terhadap bandara, dilakukan pengolahan menggunakan metode buffer pada parameter tersebut sehingga menghasilkan peta buffer KKOP dengan radius yang telah ditentukan yaitu, 1000 m, 2000 m, 3000 m. Dari analisis-analisis yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa, daerah penelitian memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, kekurangan dari daerah itu sendiri yaitu sangat rawan akan bahaya banjir, memiliki harga jual yang tinggi, serta termasuk pada kawasan KKOP, adapun kelebihan dari daerah tersebut yaitu termasuk daerah kawasan pertumbuhan dan perkembangan perekonomian baru.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pemetaan Kerawanan Bencana Banjir dan Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara APT Pranoto Terhadap Zona Nilai Tanah (ZNT)
Pengarang Karina Zulfarida - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI KAR p 2023
Subyek Buffer, KKOP, Rawan Banjir
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua