PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 006 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023
Firdha Oktavia, 2023. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Pasca Pandemi Covid-19 di Kelas V SD Negeri 006 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023.Pembimbing I H. Makmun, M.Ag, Ph.D dan Pembimbing II Dr. Mohammad Ilyas, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua
dalam meningkatkan motivasi belajar anak serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pandemi Covid-19 di kelas V SD Negeri 006 Sungai Kunjang, Samarinda. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dilaksanakan di SD Negeri 006 Sungai Kunjang pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dan siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua siswa SD Negeri 006 Sungai Kunjang telah memenuhi semua perannya dalam meningkatkan motivasi belajar anak pasca pandemi Covid-19, yaitu: 1) orang tua sebagai pendidik di rumah berperan untuk mengingatkan anak belajar secara rutin, dan mengupayakan agar perkembangan afektif, kognitif serta psikomotorik berkembang dengan baik,
2) sebagai pengasuh orang tua bertanggungjawab membiasakan anak bangun pagi dan tidak begadang dimalam hari, mengajari anak untuk menghargai dan menghormati orang yang lebih tua, dan melatih mental anak, 3) sebagai motivator orang tua memberikan motivasi secara verbal yakni berupa semangat dan non verbal berupa pelukan dan memberi hadiah, 4) sebagai fasilitator orang tua menyediakan sarana untuk menunjang proses pembelajaran seperti smartphone, smart tv, wi-fi, printer, dbuku, meja belajar, dan alat tulis. Serta menyediakan prasarana seperti menyediakan ruang belajar dengan suasana yang kondusif dan nyaman bagi anak, 5) sebagai pembimbing orang tua senantiasa mendampingi dan
membimbing anak belajar di rumah. Faktor pendukung ialah waktu yang disediakan oleh orang tua untuk selalu mendampingi dan membimbing anakbelajar di rumah dan adanya pembagian kuota dari pihak sekolah kepada siswa. Sedangkan faktor penghambat ialah kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi pelajaran dan penggunaan gadjet.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK PASCA PANDEMI COVID-19 DI KELAS V SD NEGERI 006 SUNGAI KUNJANG TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Firdha Oktavia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIR p 2023 |
Subyek | motivasi belajar peran Orang tua |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY