Dampak Kebiasaan Bermain Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di SDN 006 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2022/2023
Merry Crisdayanti, 2023. Dampak Kebiasaan Bermain Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di SDN 006 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pembimbing I H. Makmun, S.Ag, M.Ag, dan Pembimbing II Dr.Mohammad Ilyas, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak kebiasaan bermain game online siswa kelas VI di SDN 006 Tanjung Palas Timur tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada Motivasi Belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah apasaja dampak kebiasaan bermain game online pada motivasi belajar siswa dan apasaja faktor penyebab kebiasaan bermain game online pada motivasi belajar siswa kelas VI di SDN 006 Tanjung Palas Timur tahun pembelajaran 2022/2023. Tujuan dalampenelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dampak kebiasaan bermain game online pada motivasi belajar siswa kelas VI di SDN 006 Tanjung Palas Timur, 2) untuk mengetahui faktor penyebab dampak kebiasaan bermain game online pada motivasi belajar siswa kelas VI di SDN 006 Tanjung Palas Timur. Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 006 Tanjung Palas Timur pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas VI, orang tua siswa kelas VI dan siswa kelas VI yang berjumlah 25. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian penelitian ini adalah pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yangdigunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data berupa triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini adalah 1) dampak kebiasaan bermain game online pada motivasi belajar siswa kelas VI di SDN 006 Tanjung Palas Timur sangat
berpengaruh terutama pada kesehatan, kepribadian, pendidikan/prestasi, keluarga dan masyarakat. 2) Faktor penyebab kebiasaan bermain game online disebabkan karena faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal internal terdiri dari rasa ingin tahu terhadap game dan mengisi waktu kosong. Faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, teman sebaya dan lingkungan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Dampak Kebiasaan Bermain Game Online pada Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Di SDN 006 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Merry Crisdayanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MER d 2023 |
Subyek | motivasi belajar Game Online : Dampak |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY