Detail Cantuman Kembali
DANIL - Personal Name

STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK
DANIL, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Studi Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara, pembimbing I Dr. Djumadi, M.Si dan pembimbing II Drs. H. Hamdan, M.Si.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan, faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun fokus penelitian ini adalah: 1. Kualitas pelayanan kesehatan Pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut, dimana yang menjadi tolak ukur kualitas pelayanan dilihat dari dimensi sebagai berikut : a. Keandalan (reliability), b. Daya Tanggap (responsiveness), c. Jaminan (assurance), d. empati (empathy), e. Berwujud (tangibles). b.faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh melalui key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Puskesmas kecamatan Kembang janggut, dan informan yang terdiri dari 4 dari tenaga kesehatan medis dan non medis dan 19 orang masyarakat/pasien yang sedang berobat di puskesmas dan yang pernah menggunakan pelayanan di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Selanjutnya, dianalisis dengan menggunakan Analisis Data Kualitatif Model Interaktif dari Miles and Hubberman.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa kualitas pelayanan kesehatan yang di lakukan Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut sudah berusaha melakukan secara maksimal. Tetapi dari kelima indikator pengukur kualitas pelayanan publik Hanya ada beberapa saja yang terlaksana dengan maksimal, faktor pendukung kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut adalah dengan adanya program kesehatan gratis serta adanya gedung puskesmas sebagai objek tempat pelayanan kesehatan. Tetapi dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan juga terdapat beberapa faktor penghambat yang menyebabkan pelayanan kurang maksimal, diantaranya kekurangan tenaga kesehatan, obat-obatan dan kondisi bangunan sebagai objek terlaksananya pelayanan kurang memadai khususnya bangunan rawat inap yang kondisinya rusak.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Kesehatan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS KECAMATAN KEMBANG JANGGUT KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang DANIL - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua