Detail Cantuman Kembali
SHEILLA ROSALIA - Personal Name

FORMULASI SEDIAAN LIP CREAM DARI KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN SARI BUAH BIT (Beta vulgaris)

Kulit batang kayu manis (Cinnamomum burmannii) mengandung senyawa tanin yang merupakan pigmen dengan warna coklat kemerahan, sedangkan buah bit (Beta vulgaris) merupakan tumbuhan yang mengandung senyawa betasianin yang merupakan pigmen warna merah keunguan, keduanya merupakan bahan alam yang dapat digunakan sebagai pewarna alami. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah kombinasi ekstrak kulit batang kayu manis dan sari buah bit dapat diformulasikan menjadi sediaan lip cream dengan keamanan dan aseptabilitas terbaik. Sediaan lip cream diformulasikan dengan basis terbaik. Evaluasi sediaan lip cream meliputi evaluasi karakteristik fisik (organoleptis, homogenitas, daya sebar, daya lekat dan pH), evaluasi stabilitas (suhu ruang dan metode freeze thaw), uji iritasi dan uji hedonik. Hasil karakteristik fisik menunjukkan bahwa sediaan berwarna coklat nude, pink nude, dan merah bata, berbentuk semipadat, beraroma khas mawar dan kayu manis, homogen, memiliki daya sebar 5-7 cm, daya lekat lebih dari 4 detik. Hasil uji stabilitas menunjukkan sediaan kurang stabil dari segi warna baik pada penyimpanan suhu ruang maupun freeze thaw. Hasil uji iritasi menunjukkan sediaan aman dan tidak mengiritasi. Hasil uji hedonik menunjukkan seluruh sediaan cukup disukai oleh panelis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FORMULASI SEDIAAN LIP CREAM DARI KOMBINASI EKSTRAK KULIT BATANG KAYU MANIS (Cinnamomum burmannii) DAN SARI BUAH BIT (Beta vulgaris)
Pengarang SHEILLA ROSALIA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SHE f 2023
Subyek Lip Cream
Ekstrak Kulit Batang Kayu Manis
Sari Buah Bit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan S1 Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua