Detail Cantuman Kembali
Afifah Nur Yulieta - Personal Name

Elektrodekolorisasi Limbah Cair Zat Warna Jingga dan Hijau dari Industri Sarung Tenun Samarinda menggunakan Elektroda PbO2/Pb.

Elektrodekolorisasi Limbah Cair Industri Sarung Tenun Samarinda Seberang menggunakan Elektroda PbO2/Pb telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menurunkan kadar zat warna limbah sarung tenun Samarinda Seberang dengan metode elektrodekolorisasi menggunakan timbal (Pb) sebagai katoda dan timbal dioksida (PbO2) sebagai anoda. Elektrodekolorisasi dilakukan dengan menggunakan larutan zat warna Direk jingga dan hijau untuk menentukan kondisi optimum.Elektrodekolorisasi zat warna Direk jingga dan hijau dilakukan dengan memvariasikan potensial kerja, konsentrasi elektrolit, waktu dan konsentrasi zat warna.Kondisi optimum dari larutan zat warna Direk jingga yaitu menggunakan potensial kerja 12 volt, konsentrasi elektrolit Na2SO4 0,2 M selama 15 menit dan larutan zat warna Direk hijau yaitu pada potensial kerja 10,5 volt, konsentrasi elektrolit Na2SO4 0,2 M selama 15 menit. Persentase dekolorisasi sampel limbah zat cair industri sarung tenun Samarinda jingga menggunakan elektroda PbO2/Pb pada kondisi maksimal yaitu sebesar 99,58% dan persentase dekolorisasi sampel limbah zat cair industri sarung tenun Samarinda hijau menggunakan elektroda PbO2/Pb pada kondisi maksimal yaitu sebesar 98,46%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Elektrodekolorisasi Limbah Cair Zat Warna Jingga dan Hijau dari Industri Sarung Tenun Samarinda menggunakan Elektroda PbO2/Pb.
Pengarang Afifah Nur Yulieta - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AFI e 2023
Subyek Elektrodekolorisasi
Elektroda PbO2/Pb
elektrolit Na2SO4
Limbah Industri Sarung Tenun Samarinda
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua