PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM
Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada setiap jenjang harus berbasis pada keaktifan dan dapat memicu rasa ingin tahu siswa, Maka dari itu diperlukan suatu model dan teknik belajar yang dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam pelaksanan kegiatan pembelajaran, salah satu model dan yang dapat digunakan yaitu model Discovery learning berbantuan Mind mapping dimana model ini menitik beratkan pada penemuan informasi secara mandiri serta pengolahan informasi menjadi lebih terorganisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan serta perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa sebelum dan sesudah diterapkan model Discovery Learning berbantuan Mind mapping pada materi impuls dan momentum. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre-experiment design dengan metode One Grup-PretestPosttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Berau tahun ajaran 2020/2021 dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan soal berbentuk essay. Teknik analisis data dengan uji N-Gain dan uji t berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan pada hasil belajar kognitif siswa antara setelah diterapkannya model Discovery learning berbantuan Mind mapping dengan N-gain dalam kategori sedang sebanyak 34 siswa dengan persentase 59,65% dan kategori tinggi sebanyak 23 siswa dengan persentase 40,35%. Selain itu terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kognitif siswa antara sebelum dan sesudah penerapan model Discovery learning berbantuan Mind mapping nilai yang ditunjukan pada analisis uji-t dengan nilai signifikan 0,000
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA PADA MATERI IMPULS DAN MOMENTUM |
---|---|
Pengarang | SUGIANTORO - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SUG p 2023 |
Subyek | Model Discovery Learning hasil belajar kognitif Mind Mapping |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY