Detail Cantuman Kembali
Adinda Delfriyani - Personal Name

Fenomena Hubungan Parasosial Penggemar dan Idola (Studi Pada Nctzen Pengguna Aplikasi Lysn Bubble)

Adinda Delfriyani (1802055004), dengan judul penelitian “Fenomena Hubungan Parasosial Penggemar dan Idola (Studi pada NCTZen Pengguna Aplikasi LYSN Bubble)”. Dalam bimbingan Ibu Dr. Kezia Arum Sary, S.Ds, M.Med.Kom selaku dosen pengajar program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Hubungan parasosial merupakan hubungan semu yang terjadi pada penggemar terhadap seorang performer (idola). Salah satu yang menarik bagi peneliti ialah hubungan parasosial yang terjadi anatara penggemar K-Pop Grup NCT yang disebut sebagai NCTZen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon kognitif, afektif, dan behavioral penggemar dari penggunaan aplikasi khusus penggemar dan idola, yakni LYSN Bubble.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan netnografi, yang bertujuan untuk menjawab fenomena budaya yang terjadi di dunia maya, yang pada penelitian ini ialah aktivitas penggemar di aplikasi LYSN Bubble. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi serta wawancara, dan dianalisis dengan teknik analisis Spradley.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa penggemar merespon pesan idola pada aplikasi LYSN Bubble dan mendapat efek kognitif, afektif, dan behavioral. Kemudian, perasaan semu yang dirasakan penggemar jatuh pada tingkat intense patology, dimana penggemar merasakan kedekatan secara emosional, bisa merasakan perasaan idola dan termotivasi melakukan sesuatu yang berhubungan dengan idolanya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Fenomena Hubungan Parasosial Penggemar dan Idola (Studi Pada Nctzen Pengguna Aplikasi Lysn Bubble)
Pengarang Adinda Delfriyani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI f 2023
Subyek Hubungan Parasosial
Penggemar
Idola
LYSN Bubble
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua