Detail Cantuman Kembali
Bintang Alfaen Cholis - Personal Name

PEMANFAATAN RUMPUT TEKI (SOLANUM LYCOPERSICUM) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (S0LANUM LYCOPERSICUM L.) (SEBAGAI PENUNJANG MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN SMA KELAS XII)

Bintang Alfaen Cholis. 2023. Pemanfaatan Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) Sebagai Pupuk Organik Cair Pada Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Tomat Apel (Solanum lycopersicum L.) Varietas servo (Sebagai Penunjang Pembelajaran Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman SMA Kelas XII). Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Vandalita M. M. Rambitan, M. P, selaku pembimbing 1 dan Ibu Dr. Evie Palenewen, M.Pd, selaku pembimbing 2. Salah satu tumbuhan yang ada di sekitar masyarakat yaitu rumput teki (cyperus rotundus L.), Rumput teki tumbuh liar di tempat terbuka atau sedikit terlindung dari sinar matahari, Selain dapat digunakan dalam pengobatan tradisional rumput teki juga dapat dijadikan sebagai potensi pupuk organik cair pada tanaman tomat (Solanum lycopersicum L), untuk mengolah rumput teki sebagai pupuk organik cair perlu dilakukan analisis kandungan unsur hara mikro dan makro terlebih dahulu, peneliti tertarik untuk memanfaatkan pupuk organik cair dari rumput teki dan menguji nya pada tanaman tomat apakah dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman tomat dan juga penelitian ini belum di uji coba oleh peneliti sebelumnya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rumput teki pada pertumbuhan dan hasil tanaman tomat, dan berapa persen dosis optimum untuk pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Jenis penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu P0 (Kontrol), P1 (25 ml POC + 75 ml air), P2 (50 ml POC + 50 ml air), P3 (75 ml POC + 25 ml air), dan P4 (100 ml POC) dengan 4 kali ulangan. Sampel yang digunakan adalah tanaman tomat apel varietas servo yang sesuai dengan cuaca panas di Kalimantan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumput teki (Cyperus rotundus L.) mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) dimana hasil anova menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel tinggi tanaman yaitu 20,672>,000 dan 214,997>,000, jumlah daun yaitu 9,003>,001 dan 59,842>,000, jumlah bunga yaitu 14,996>,000 dan 32,915>,000. Dan jumlah buah yaitu 12,502>,000 dan18,112>,000. Sedangkan dosis terbaik Pupuk organik cair rumput Teki adalah 50 ml + 50 ml air per polybag

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMANFAATAN RUMPUT TEKI (SOLANUM LYCOPERSICUM) SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TOMAT (S0LANUM LYCOPERSICUM L.) (SEBAGAI PENUNJANG MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN SMA KELAS XII)
Pengarang Bintang Alfaen Cholis - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI BIN p 2023
Subyek Tanaman Tomat Apel Varietas Servo
Pupuk Organik Cair Rumput Teki
Dosis Optimum
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua