Detail Cantuman Kembali
Rahma R. - Personal Name

ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)

Pemahaman seseorang tentang suatu konsep disebut konsepsi dan kesalahan dalam memahami konsep yang tidak sesuai dengan kesepakatan para ilmuwan itulah yang disebut miskonsepsi. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui tingkat miskonsepsi siswa Sekolah Menengah Atas tentang konsep fluida statis dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI). Penelitianinitermasukjenispenelitiandeskriptifkuantitatif(quantitativeresearch).Subjek dalam penelitian ini berasal dari 3 Sekolah Menengah Atas kelas XI dengan jumlah peserta didik secara keseluruhan yaitu 91 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif yang dibentuk kedalamfour-tier diagnostic multiple choice test dengan menggunakan teknik CRI yang terdiri atas 20 soal. Hasil analisis data persentase yang diperoleh 49,2% dengan Kategori Sedang, yang berarti peserta didik mengalami Miskonsepsi terhadap konsep fluida statis jika merujuk pada indikator yang mengalami peningkatan Miskonsepsi tertinggi terdapat pada sub konsep Viskositas dengan persentase 55,5% dengan Kategori Sedang dan instrumen soal yang mengalami Miskonsepsi tertinggi terdapat pada soal nomor 15 dengan persentase 75,8% Kategori Tinggi. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) maka memudahkan untuk menganalisis peserta didik yang masih mengalami miskonsepsi. Sehingga perlu ada tindakan untuk dipertimbangkan keberadaannya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS PADA MATERI FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI)
Pengarang Rahma R. - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH a 2023
Subyek Miskonsepsi
Certainty of response index
four tier diagnostic multiple choice test
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua