PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM (PERUMDAM) TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA
Erlina Wulansari, Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda. Skripsi. Program Studi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Dosen Pembimbing: Daryono S.Sos., M.Si., Ph.D. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengukur hubungaan antara kinerja pegawai dengan kepuasan pelanggan pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda. 2. Untuk mengukur pengaruh kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan cara observasi, dokumentasi dan kuisioner. Populasi pada penelitian ini yaitu pelanggan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda dengan jumlah sempel sebanyak 100 pelanggan. Adapun pengujian statistik dengan uji korelasi pearson, regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan uji t. Hasil dari uji korelasi pearson membuktikan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja pegawai dengan kepuasan pelangggan. Berdasarkan kategori koefisien korelasi 0.761 yang diartikan memiliki tingkat korelasi kuat, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian terdapat pengaruh yang sedang antara kinerja pegawai terhadap kepuasan pelanggan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Kencana Kota Samarinda dengan kontribusi nilai koefisien determinasi sebesar 49,8% dan sisanya 50,2% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Berdasarkan hasil uji T menunjukkan thitung > ttabel (9,857 > 1,984) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PERUSAHAAN UMUM DAERAH AIR MINUM (PERUMDAM) TIRTA KENCANA KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | ERLINA WULANSARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ERL p 2023 |
Subyek | kinerja pegawai, kepuasan pelanggan, perumdam |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Administrasi Publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY