TRANSAKSI JUAL BELI TIKTOK SHOP DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA JIMS HONEY SAMARINDA)
Penelitian ini dilakukan oleh Nur Indah Tri Ananda dengan judul “Transaksi Jual Beli TikTok Shop dalam Pandangan Etika Bisnis Islam (Studi pada Jims Honey Samarinda)” di bawah bimbingan Ibu Andi Martina Kamaruddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah transaksi jual beli TikTok Shop pada Jims Honey Samarinda sudah sesuai dalam pandangan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah pemilik (penjual) dan tiga pembeli pada Jims Honey Samarinda serta ahli syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa etika bisnis yang diterapkan dalam transaksi jual beli oleh Jims Honey Samarinda sudah sejalan dengan etika bisnis dalam pandangan Islam yaitu prinsip Kesatuan dengan menerapkan prinsip tidak saling merugikan dan jujur, Prinsip Keseimbangan dengan selalu adil menampilkan produk sesuai deskripsi agar pembeli tidak kecewa, Prinsip Kehendak Bebas dengan melakukan promosi dengan baik tanpa memaksakan kehendak kepada pembeli, Prinsip Tanggung Jawab dengan
menerima komplain dan menyelesaikannya dan Prinsip Kebenaran (Kebajikan dan Kejujuran) dengan menjual produk sesuai dengan deskripsi sehingga pembeli yakin untuk melakukan pembelian ulang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | TRANSAKSI JUAL BELI TIKTOK SHOP DALAM PANDANGAN ETIKA BISNIS ISLAM (STUDI PADA JIMS HONEY SAMARINDA) |
---|---|
Pengarang | NUR INDAH TRI ANANDA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR t 2023 |
Subyek | Etika Bisnis Islam TikTok Shop Jual Beli |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Jurusan | Ilmu Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY