Detail Cantuman Kembali
HENDRAYANI - Personal Name

Efektivitas Daun Kipahit (Tithonia diversifolia A. Gray) Dalam Mengendalikan Nematoda Puru Akar (Meloidogyne spp.) Pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Mill.)

Meloidogyne spp. merupakan salah satu Organisme Pengganggu Tanaman(OPT) penting pada budidaya tanaman tomat. Tanaman tomat yang terserang Meloidogyne spp. mempunyai ciri khas adanya puru. Perlu dikembangkan pengendalian secara nabati yang lebih aman bagi lingkungan. Nematisida nabati tersebut berasal dari daun kipahit. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dosis ekstrak daun kipahit yang efektif digunakan dalam mengendalikan Meloidogyne spp. di rumah kaca. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2022 hingga Maret 2023, bertempat di Laboratorium Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman. Penelitian ini dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan (dosis nematisida daun kipahit 0 g/ 10 Kg tanah, 25 g/10 Kg tanah, 50 g/10 Kg tanah, 75 g/10 Kg tanah, 100 g/10 Kg tanah, dan 125 g/10 Kg tanah). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosis nematisida daun kipahit yang cenderung lebih efektif digunakan untuk mengendalikan Meloidogyne spp. aplikasi dalam rumah kaca adalah 75 g/ 10 Kg tanah dengan pertumbuhan terbaik dan hasil panen terbanyak dari perlakuan yang lainnya, dengan jumlah buah tertinggi rata-rata sebanyak 4 buah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Daun Kipahit (Tithonia diversifolia A. Gray) Dalam Mengendalikan Nematoda Puru Akar (Meloidogyne spp.) Pada Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum Mill.)
Pengarang HENDRAYANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HEN e 2023
Subyek Tomat
Nematisida
Daun kipahit
Meloidogyne
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua