Detail Cantuman Kembali
ADITIYA NURISKI - Personal Name

KARAKTERISTIK BIOPLASTIK BERBAHAN DASAR KAPA KARAGINAN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BERAS KETAN PUTIH (ORYZA SATIVA L. VAR. GLUTINOSA)

Bioplastik merupakan plastik yang berasal dari bahan biomassa bersifat ramah lingkungan. Karaginan dan pati dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan bioplastik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisik bioplastik dan ketahanan bioplastik terhadap lingkungan. Bioplastik terbuat dari karaginan 2% (b/v), gliserol 1% (v/v), dan tepung beras ketan putih (Oryza sativa L. Var. Glutinosa) dengan perlakuan 0%, 0,5%, 1%, dan 1,5% (b/v). Parameter yang diamati yaitu ketebalan, kuat tarik, kemuluran, laju trasmisi uap air, kelarutan air, dan biodegradasi. Karakteristik fisik bioplastik yang dihasilkan menunjukan bahwa makin banyak tepung beras ketan putih yang ditambahkan mampu meningkatkan ketebalan dan kuat tarik, namun menurunkan kemuluran bioplastik. Ketahanan bioplastik terhadap lingkungan menurun karena adanya penambahan tepung beras ketan putih, makin banyak konsentrasi tepung beras ketan putih yang ditambahkan maka laju trasmisi uap air, kelarutan air, dan biodegradasi pada bioplastik melambat. Bioplastik tanpa penambahan tepung beras ketan putih terdegradasi sempurna dalam waktu 15 hari, sedangkan bioplastik dengan penambahan tepung beras ketan putih belum terdegradasi sempurna dalam waktu 15 hari. Penambahan tepung beras ketan putih dapat meningkatkan karakteristik fisik bioplastik tetapi melambatkan ketahanan bioplastik terhadap lingkungan pada bioplastik yang dihasilkan sampai hari ke 15.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KARAKTERISTIK BIOPLASTIK BERBAHAN DASAR KAPA KARAGINAN DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG BERAS KETAN PUTIH (ORYZA SATIVA L. VAR. GLUTINOSA)
Pengarang ADITIYA NURISKI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADI k 2023
Subyek KARAKTERISTIK FISIK
Biodegradasi,
bioplastik,
Kapa karaginan
tepung beras ketan putih
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua