Kualitas Pelayanan Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda
Alya Rosalin. 2023. Kualitas Pelayanan Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. Enos Paselle, M.AP. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan aplikasi
Silamak dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat kualitas pelayananaplikasi Silamak pada Disperkim Kota Samarinda . Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif, dengan fokus penelitianyaitudimensi kemudahan pengguna, dimensi kualitas konten dan tampilan informasi, dimensi kualitas layanan, dengan memperhatikan faktor pendorong dan faktor penghambatnya. Dalam penelitian ini yang menjadi key informant adalah Jafung Teknik Tata Bangunan dan Perumahan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi
sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa kualitas pelayanan aplikasi Silamak dinilai belum optimal, dilihat dari dimensi kemudahan pengguna ada satu atribut yang tidak optimal kualitasnya untuk menilai dimensi kemudahanpengguna. Dimensi kualitas konten dan tampilan informasi terdapat empat atribut dinilai tidak optimal kualitasnya. Dimensi kualitas layanan tidak dapat dinilai
karena tidak adanya partisipan masyakarat dalam menggunakan layananformpengajuan makam. Faktor pendukung kualitas pelayanan aplikasi Silamakialahaplikasi yang berbasis website, sehingga memudahkan masyrakat dalam mengakses. Faktor penghambat kualitas pelayanan aplikasi Silamak ialah tidak adanya partispasi masyarakat dalam mengisi form pengajuan makam, kurangnya sumber daya manusia, dana dan waktu, serta data yang tidak diperbaharui secara berkala. Keterbatasan yang mempengaruhi hasil penelitian yaitu kurangnya pengguna aplikasi Silamak, kemampuan informan yang kurang dalam memahami pertanyaan wawancara, keterbatasan waktu, biaya dan tenaga peneliti.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Kualitas Pelayanan Aplikasi Silamak (Sistem Informasi Lahan Makam) pada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Alya Rosalin - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALY k 2023 |
Subyek | E-QuvQual Kualitas Layanan Website Lahan Makam |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ADMINISTRASI PUBLIK |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY