Detail Cantuman Kembali
Dwi Hasnidar Sysca - Personal Name

FENOMENA HUBUNGAN PARASOSIAL PENGGEMAR DAN IDOL K-POP DALAM PENGGUNAAN APLIKASI WEVERSE (Studi Pada Fandom Treasure Maker Samarinda)

Adanya fenomena K-Wave yang melanda dunia tentu masih dirasakan hingga saat ini. dibantu dengan pengembangan media sosial yang semakin besar peminatnya karena fiturnya yang membuat jarak semakin tidak berarti. Sehingga penelitian ini akan mengkaji hubungan parasosial antara penggemar dan idol K-Pop TREASURE di aplikasi Weverse yang sedang populer di kalangan para penggemar K-Pop. Aplikasi tersebut didukung oleh beragam fitur yang membuat penggemar dapat bertukar informasi dan pesan dengan idola bahkan penggemar TREASURE lainnya. TREASURE sering memberikan balasan untuk penggemar melalui Weverse secara acak atau bagi penggemar yang beruntung. Penggemar akhirnya merasakan adanya suatu interaksi saat menggunakan aplikasi tersebut meskipun hanya perwakilan penggemar yang dibalas oleh member TREASURE. Penggemar lainnya juga turut merasakan adanya komunikasi interpersonal antaranya dirinya dengan idolanya. Hal ini bisa disebut suatu hubungan parasosial, yaitu hubungan satu arah yang dirasakan oleh penggemar. Dimana penelitian ini bertujuan untuk melihat mendeskripsikan, serta menganalisis bagaimana fenomena hubungan parasosial antara TREASURE MAKER di Samarinda dan TREASURE dalam penggunaan aplikasi Weverse. Menggunakan klasifikasi tingkatan hubungan parasosial dan teori Social Information Processing sebagai pendukung argumentasi saat menemukannya hasil penelitian. Kemudian Penelitian ini memiliki jenis deksriptif kualitatif dengan menunjukkan hasil penelitian bahwa fenomena hubungan parasosial antara penggemar TREASURE MAKER dan TREASURE telah melewati ketiga tingkatan yakni Entertainment Social Value, Intense Personal Feeling. Dan Borderline Pathological sehingga secara teori SIP informan dalam penelitian ini menunjukan perasaan kedekatan yang luar biasa dengan idolanya melalui bantuan aplikasi Weverse.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FENOMENA HUBUNGAN PARASOSIAL PENGGEMAR DAN IDOL K-POP DALAM PENGGUNAAN APLIKASI WEVERSE (Studi Pada Fandom Treasure Maker Samarinda)
Pengarang Dwi Hasnidar Sysca - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DWI f 2023
Subyek : Hubungan Parasosial
, Weverse
TREASURE MAKER
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan ilmu komunikasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua