Detail Cantuman Kembali
Naqib Junechair - Personal Name

Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Umum Walikota Tahun 2020 di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda

Naqib Junechair, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Umum Walikota Tahun 2020 di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis partisipasi pemilih serta menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat partisipasi pada pemilih dalam Pemilihan Walikota Tahun 2020 di Kota Samarinda. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Kualitatif dengan metode Deskriptif Kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah merujuk kepada teori Rahman H.I (2007: 288) yaitu Partisipasi Aktif, Pasif, dan Golongan Putih.
Berdasarkan hasil penelitian, partisipasi pemilih dalam pemilihan walikota dan wakil walikota Samarinda pada tahun 2020 yang masuk dalam kategori aktif adalah pemilih yang terlihat dari antusiasmenya dalam melakukan aktivitas politik baik memilih maupun terlibat sebagai penyelenggara, saksi maupun tim sukses. Kemudian, Selanjutnya, Pemilih yang termasuk dalam golongan putih berdasarkan hasil penelitian merupakan golongan putih pragmatis. Faktor yang mendukung terjadinya partisipasi politik pemilih adalah adanya kesadaran politik, rangsangan-rangsangan politik, dan daya kritis pemilih serta adanya inovasi dari KPU Kota Samarinda. Namun faktor yang menghambat partisipasi politik pemilih adalah terjadinya Pandemi Covid-19, adanya perubahan kebijakan induk organisasi, kurangnya kepercayaan kepada pemerintah dan kurangnya pendidikan politik.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Partisipasi Pemilih dalam Pemilihan Umum Walikota Tahun 2020 di Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda
Pengarang Naqib Junechair - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAQ p 2023
Subyek Partisipasi, aktif, golongan putih
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Ilmu Pemerintahan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua