Detail Cantuman Kembali

REKOMENDASI OBJEK WISATA BERDASARKAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (Studi Kasus: Kabupaten Berau)

Kalimantan Timur memiliki sumber daya alam yang melimpah yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Berau. Kabupaten Berau dikenal sebagai daerah wisata bawah laut yang menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan sehingga menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung. Namun, kurangnya informasi serta banyaknya objek wisata yang ada di Kabupaten Berau membuat beban pikiran baru bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Oleh karena itu, diperlukan sebuah sistem komputerisasi yang dapat membantu kesulitan wisatawan yang ingin melakukan perjalanan wisata, yaitu Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem ini dibangun berbasis web menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART) untuk menentukan urutan objek wisata yang paling direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan 40 objek wisata sebagai data alternatifnya dan 5 kriteria yaitu harga, jarak, fasilitas, daya tarik dan keamanan. Implementasi metode SMART pada sistem menghasilkan urutan rekomendasi objek wisata, yaitu Pulau Kaniungan Besar sebagai alternatif terbaik dengan nilai akhir yaitu 0,85. Hasil validasi sistem menggunakan metode confusion matrix untuk perbandingan antara perhitungan sistem dengan perhitungan manual didapatkan hasil akurasi sebesar 70%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul REKOMENDASI OBJEK WISATA BERDASARKAN PERBANDINGAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (Studi Kasus: Kabupaten Berau)
Pengarang Elisa Destephani Salsabila - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ELI r 2023
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
Simple Multi Attribute Rating Technique (SMART)
pariwisata
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua