Detail Cantuman Kembali

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KUE LAPIS TERAP MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus : UMKM Lapis Tarakan)

UMKM Lapis Tarakan merupakan usaha di bidang produksi kue yang bertempat produksi di Jl. Flamboyan No.47, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Toko Lapis Tarakan berada di Jl. Jend. Sudirman, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Salah satu produk unggulan dari usaha ini yaitu kue lapis terap karena merupakan oleh-oleh khas Kota Tarakan. Strategi yang dijalankan saat ini kurang optimal, sehingga perlu adanya strategi khusus. Formulasi strategi dimulai dengan pengumpulan input dasar yaitu identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal. Tahap selanjutnya yaitu tahap pencocokan untuk menghasilkan alternatif strategi yang layak. Hasil skor dari matriks IFE sebesar 2,938 dan EFE sebesar 3,017 kemudian dicocokkan menjadi matriks IE untuk mengetahui posisi perusahaan. Berdasarkan hasil analisa posisi perusahaan, produk kue lapis terap berada pada posisi sel 2 yaitu grow and build. Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. Tahap terakhir yaitu pengambilan keputusan strategi yang akan menjadi prioritas dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai rekomendasi strategi perusahaan. Sehingga didapatkan prioritas utama yaitu strategi menjalin kerjasama dengan pemerintah dalam memperkuat citra kue lapis terap sebagai produk oleh-oleh khas kota Tarakan dengan bobot 0,195. Prioritas kedua adalah strategi melakukan promosi dengan konsep yang menarik dan kekinian dengan bobot 0,159. Prioritas ketiga adalah strategi mengikuti kegiatan pameran produk lokal ataupun UMKM yang diadakan oleh pemerintah dengan bobot 0,152. Prioritas keempat adalah strategi meningkatkan promosi dengan teknologi yang ada melalui berbagai media dengan bobot 0,125. Prioritas kelima adalah strategi memberikan informasi kepada masyarakat untuk ikut mendukung produk kue lapis terap sebagai oleh-oleh khas kota Tarakan dengan bobot 0,092.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KUE LAPIS TERAP MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus : UMKM Lapis Tarakan)
Pengarang Fena Marthina Simanjuntak - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FEN a 2023
Subyek Analytical Hierarchy Process
Grow and Build
IFE dan EFE
Kue Lapis Terap
UMKM Lapis Tarakan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Industri
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua