PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SDN 016 SAMARINDA SEBERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi yang terjadi di SDN 016 Samarinda Seberang. Terdapat guru-guru yang masih menggunakan cara lama yang terlalu menoton dan metode lama seperti menggunakan ceramah dan pemberian tugas. Hal ini akan mengakibatkan kejenuhan belajar sehingga berpengaruh dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu ≥70 untuk mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA tentang sumber energi dan kegunaannya melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) pada siswa kelas III SDN 016 Samarinda Seberang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA tentang sumber energi dankegunaannya melalui model pembelajaran Contextual Teaching And Learning(CTL) pada siswa kelas III SDN 016 Samarinda Seberang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 016 Samarinda Seberang. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, setiap siklusnya dilaksanakan dua kali pertemuan. Metode pengumpulan data penelitian adalah menggunakan metode pengumpulan data pengamatan dan evaluasi. Metode pengamatan digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa. Evaluasi digunakan melihat hasilbelajar siswa dan peningkatan setiap siklusnya. Metode analisis data menggunakan rata-rata nilai, persentase, dan diagram untuk melihat hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 016 Samarinda Seberang tahun pembelajaran 2021/2022 tentang Sumber Energi dan Kegunaannya dengan model pebelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) meningkat. Peningkatan hasil belajar tersebut terbukti dari hasil siklus I nilai hasil belajar siswa 70.26 persentase ketuntasannya 52.63%. Siklus II nilai hasil belajar siswa sebesar 74.11 persentase ketuntasannya 68.42%. Siklus III nilai hasil belajar siswa 82.17 persentase ketuntasanya 94.73%. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah bagi sekolah, guru, siswa dan peneliti hendaknya mampu menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam pembelajaran sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTECTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS III SDN 016 SAMARINDA SEBERANG TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022 |
---|---|
Pengarang | HESTI MAYSAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HES p 2023 (S1) |
Subyek | : Hasil Belajar IPA, Sumber Energi dan Kegunaannya , CTL. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY