PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA BARU FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa baru FISIP Universitas Mulawarman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswa baru Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman angkatan 2022 yang dipilih dengan menggunakan teknik probability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan skala efikasi diri dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa baru. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung = 5.966 lebih besar dari t tabel = 1.984, dan nilai p 0.000 (p < 0.05). Artinya, semakin tinggi efikasi diri mahasiswa baru, maka semakin tinggi tingkat kemandirian belajar dan sebaliknya, semakin rendah efikasi diri pada mahasiswa perantau, maka semakin rendah tingkat kemandirian belajar pada mahasiswa baru. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0.266. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh efikasi diri (X) terhadap kemandirian belajar (Y) adalah sebesar 26,6 %, sedangkan 73.4 % kemandirian belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MAHASISWA BARU FISIP UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD TAUFIQ RAHMAN - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2023 |
Subyek | kEMANDIRIAN BELAJAR Efikasi diri Mahasiswa Baru |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | PSIKOLOGI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY