Detail Cantuman Kembali
Rinilva Malisan - Personal Name

Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 2 Tenggarong Pada Materi Perubahan Iklim

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan iklim. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental design yang bersifat one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A sebagai sampelnya dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai N-Gain sebesar 0,6 pada kategori sedang. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum dan sesudah diterapkan model PBL dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 2 Tenggarong Pada Materi Perubahan Iklim
Pengarang Rinilva Malisan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RIN p 2023
Subyek Problem Based Learning,
Kemampuan Berpikir Kreatif,
, Perubahan Iklim
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua