Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 2 Tenggarong Pada Materi Perubahan Iklim
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan iklim. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental design yang bersifat one group pretest posttest design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII A sebagai sampelnya dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis kemampuan berpikir kreatif yang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai N-Gain sebesar 0,6 pada kategori sedang. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum dan sesudah diterapkan model PBL dengan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan model PBL berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 2 Tenggarong Pada Materi Perubahan Iklim |
---|---|
Pengarang | Rinilva Malisan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIN p 2023 |
Subyek | Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif, , Perubahan Iklim |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY