Detail Cantuman Kembali
Intan Nabilah - Personal Name

Pengaruh Pemberian Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia illucens Linnaeus, 1758) Dan Pakan Komersil Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio Linnaeus, 1758)

Intan Nabilah, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mulawarman, 2023. Pengaruh Pemberian Larva Lalat Tentara Hitam(Hermetia illucens Linnaeus, 1758) Dan Pakan Komersil Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio Linnaeus, 1758). Dibimbing oleh Dr. Lariman, M.Si dan Dr. Fatmawati Patang, M.Si. Pakan merupakan unsur penting dalam menunjang pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan. Ketersediaan pakan yang berkualitas merupakan faktor yang menentukan keberhasilan budidaya. Selama ini, sebagian pembudidaya ikan masih mengandalkan pakan yang diambil langsung dari alam seperti ikan-ikan kecil dan daun-daunan. Adapun harga pakan komersil saat ini sangat mahal, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk pakan sudah sangat dirasakan oleh pembudidaya ikan, untuk menekan harga pakan maka perlu dicari alternatif pengganti sumber protein yang lebih murah dan mudah diperoleh. Oleh karena itu, harus menyediakan alternatif lain seperti pakan alami yang ketersediaanya tidak bergantung musim, misalnya Maggot atau larva dari lalat tentara hitam (Hermetia illucens) yang menjadi pakan alternatif karena memenuhi persyaratan sebagai sumber protein. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh perbandingan pemberian pakan maggot (Hermetia illucens) dan pakan komersil terhadap laju pertumbuhan benih ikan mas (Cyprinus carpio), serta untuk mengetahui pemberian pakan yang terbaik terhadap tingkat pertumbuhan dan kelangsungan hidup benih ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Langkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Frekuensi pemberian pakan dilakukan 2 kali sehari pada pukul 08.00 dan 16.00 WITA sebanyak 5% dari biomassa ikan. Pengukuran berat, panjang, tingkat kelangsungan hidup, dan kualitas air dilakukan setiap 7 hari sekali. Hasil dari penelitian didapatkan pertumbuhan panjang dan bobot tertinggi terdapat pada perlakuan P3 dengan kombinasi pakan komersil 25% dan maggot 75% yaitu 9,33 cm dan 10.23 gram serta nilai kelangsungan hidup 90%-100%

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Pemberian Larva Lalat Tentara Hitam (Hermetia illucens Linnaeus, 1758) Dan Pakan Komersil Terhadap Laju Pertumbuhan Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio Linnaeus, 1758)
Pengarang Intan Nabilah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI INT p 2023
Subyek Pakan, panjang
, bobot, maggot, ikan mas.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua