Detail Cantuman Kembali
ANDINI ADI PUTRI - Personal Name

EFEKTIFITAS JENIS ELEKTRODA DAN WAKTU KONTAK PADA PROSES ELEKTROKOAGULASI UNTUK PENGOLAHAN AIR ASAM TAMBANG

Andini Adi Putri 1909046025 Program Studi S1 Teknik Lingkungan Dosen Pembimbing I. Ir. Ika Meicahayanti, S.T., M.T. II. Searphin Nugroho, S.T., M.T. EFEKTIVITAS JENIS ELEKTRODA DAN WAKTU KONTAK PADA PROSES ELEKTROKOAGULASI UNTUK PENGOLAHAN AIR ASAM TAMBANG ABSTRAK Kegiatan penambangan khususnya penambangan batubara tidak akan terlepas dengan terbentuknya air asam tambang. Air asam tambang yang sifatnya terlalu asam dapat merusak impeller pompa yang digunakan dalam proses penambangan, dan apabila dibiarkan maka air asam tambang akan menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan sekitar penambangan. Metode alternatif untuk mengolah air asam tambang dalam mengurangi logam berat dan kekeruhan yaitu dengan menggunakan metode elektrokoagulasi. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis pengaruh waktu kontak dan jenis elektroda pada metode elektrokoagulasi dengan plat aluminium (Al) dan besi (Fe), sehingga dapat mengetahui efektivitas metode elektrokoagulasi dalam mengolah air asam tambang.
Penelitian dilakukan dengan skala laboratorium dengan total volume sampel air asam tambang sebanyak 500 ml untuk 10 sampel dengan variasi waktu kontak selama 45, 90,120, 150, 180 menit kemudian dilakukan 2 kali pengulangan. Elektroda yang digunakan pada metode ini adalah plat aluminium (Al) dan besi (Fe) dengan ukuran 2,5 x 10 cm.
Hasil data setelah pengolahan menggunakan metode elektrokoagulasi diperoleh dari pengujian parameter logam besi (Fe) dan Mangan (Mn) pada Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Samarinda serta pengujian parameter pH dan total suspended solid (TSS) pada Laboratorium Teknologi Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman.
Pada penelitian pengaruh dari variasi waktu kontak dan jenis plat yang digunakan yaitu semakin lama waktu kontak maka semakin besar efektivitas penyisishan parameter besi (Fe), mangan (Mn), Total Suspended Solid (TSS) dan pH pada air asam tambang. Jenis plat Al-Al lebih efesien dibandingkan menggunakan jenis plat Al-Fe dikarenakan pada kombinasi Al-Al flok yang terbentuk paling banyak dihasilkan dibanding plat Al-Fe. Kondisi optimum pengolahan menggunakan metode elektrokoagulasi dengan variasi waktu kontak dan jenis plat yang berbeda dapat disimpulkan bahwa waktu kontak 180 menit dengan jenis plat almunium (Al-Al) merupakan variasi yang paling efektif untuk pengolahan air asam tambang dengan hasil penyisihan parameter besi (Fe) sebesar 1,20 mg/L menjadi < 0,034 mg/L dengan efesiensi 100%, mangan (Mn) sebesar 2,58 mg/L menjadi 0,71 mg/L dengan efesiensi 73%, Total Suspended Solid (TSS) sebesar 582 mg/L menjadi 10 mg/L dengan efesiensi 98%, dan nilai pH sebesar 5,7 menjadi 7,31.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIFITAS JENIS ELEKTRODA DAN WAKTU KONTAK PADA PROSES ELEKTROKOAGULASI UNTUK PENGOLAHAN AIR ASAM TAMBANG
Pengarang ANDINI ADI PUTRI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AND e 2023
Subyek Air Asam Tambang
pH
Fe
Mn
Elektrokoagulasi
TSS
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Lingkungan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua