EFEKTIVITAS LAYANAN ONLINE DALAM RANGKA OPTIMALISASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS DIGITAL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Wulan Winarti, Program Studi Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda, Studi Tentang Efektivitas Layanan Online dalam rangka Optimalisasi Pelayanan Kependudukan berbasis Digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara di bawah bimbingan Ibu Melati Dama, S.Sos., M.Si. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Efektivitas Layanan Online dalam rangka Optimalisasi Pelayanan Kependudukan berbasis Digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini menggunakan empat fokus penelitian yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program serta untuk mengetahui faktor penghambat pelaksanaan layanan online. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan adalah purposive sampling dan accidental sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan secara umum layanan online dalam rangka optimalisasi pelayanan berbasis digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara berjalan kurang efektif karena empat fokus penelitian belum berjalan dengan optimal. Adapun ketepatan sasaran program layanan online masih kurang efektif karena belum dapat menjangkau semua kalangan masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara. Sosialisasi program layanan online yang dilakukan masih kurang efektif sehingga masyarakat tidak mengetahui adanya sosialisasi yang dilakukan. Tujuan program dari layanan online masih kurang efektif di masyarakat, karena masih banyaknya masyarakat yang kurang memahami dan tidak mengerti cara mengakses layanan online. Kemudian pemantauan program layanan online masih kurang efektif, karena dalam pembentukan Narahubung yang berfungsi untuk membantu masyarakat, belum terbentuk hingga 20 kecamatan. Faktor penghambat pada pelaksanaan layanan online berbasis digital di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu masyarakat belum familiar (akrab) dengan layanan online, kualitas jaringan internet kurang stabil, kurangnya sumberdaya manusia di Kantor Disdukcapil Kutai Kartanegara serta kurang maksimalnya sosialisasi Disdukcapil Kutai Kartanegara kepada masyarakat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | EFEKTIVITAS LAYANAN ONLINE DALAM RANGKA OPTIMALISASI PELAYANAN KEPENDUDUKAN BERBASIS DIGITAL DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA |
---|---|
Pengarang | WULAN WINARTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI WUL e 2023 |
Subyek | Efektivitas Layanan, Optimalisasi, E-Government |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | ILMU PEMERINTAHAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY