HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2022/2023
Tiara Puspita Rini, 2023 Hubungan Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Kelas XI Di SMA Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dibimbing oleh Masnurrima Heriansyah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dydik Kurniawan, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara layanan bimbingan kelompok terhadap kemandirian belajar siswa pada Kelas XI Di SMA Negeri 2 Tenggarong Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain korelasional. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 30 responden yang mana pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan persyaratan siswa yang pernah diberikan layanan bimbingan kelompok dan siswa yang memiliki kemandirian belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala layanan bimbingan kelompok dan skala kemandirian belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For Windows. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada peserta didik termasuk dalam kategori sedang atau cukup bermanfaat yang dilihat dari hasil skor 3085, kemudian tingkat kemandirian belajar pada peserta didik termasuk dalam kategori sedang atau cukup baik yang dilihat dari hasil skor keseluruhan mendapat 3314, dan berdasarkan dari hasil statistic uji korelasi product moment yaitu
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG TAHUN AJARAN 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | TIARA PUSPITA RINI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIA h 2023 |
Subyek | bimbingan kelompok Hubungan kEMANDIRIAN BELAJAR |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | |
Jurusan | BIMBINGAN DAN KONSELING |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY