Detail Cantuman Kembali
Amalia Nurul Maulida - Personal Name

HUBUNGAN PERANAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Amalia Nurul Maulida. 2014. "Hubungan Peranan Orang tua dan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Pembelajaran 2013/2014." Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman. Dibawah Bimbingan Ibu Dr. Elsje Th. Maasawet, M.Pd. selaku pembimbing I dan ibu Dr. Sonja V.T. Lumowa, M.Kes. selaku pembimbing II.
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif yang menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya yang bertujuan untuk mengetahui hubungan peranan orang tua dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Samarinda Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Latar belakang dari penelitian ini adalah fenomena dimana rata-rata siswa yang memiliki nilai hasil evaluasi pelajaran biologi yang tidak baik adalah para siswa yang memiliki orang tua yang kurang cukup peduli terhadap kegiatan dan kebutuhan belajar anak-anak mereka, dan para siswa tersebut pun memiliki kebiasaan belajar yang tidak baik. Hal ini yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian.
Metode penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa yang juga merupakan seluruh populasi pada kelas XI IPA SMAN 13 Samarinda. Variabel hasil belajar biologi merupakan nilai asli biologi ulangan semester ganjil siswa kelas XI IPA yang diperoleh dari buku daftar nilai yang berada pada guru bidang studi biologi SMAN 13 Samarinda. Sedangkan pengukuran variabel peranan orang tua dan variabel kebiasaan belajar menggunakan instrumen angket dengan aturan sebagai berikut: jika pernyataan positif, maka skornya secara berturut-turut adalah 5, 4, 3, 2, dan 1. Sedangkan yang negatif, maka skornya secara berturut-turut adalah 1, 2, 3, 4, dan 5. Dengan demikian, rentang skor teoritis 20 s.d. 100. Teknik analisis data menggunakan rumus Multiple Regression pada taraf signifikansi 5%, dan rumus Product Moment Correlation dari Pearson yang juga pada taraf signifikansi 5%.
Penelitian ini menemukan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa: terdapat hubungan yang sangat signifikan antara peranan orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 13 Samarinda tahun pembelajaran 2013/2014 yang ditandai dengan nilai rhitung (0,974) > rtabel (0,396). Di samping itu harga R2 = 0,810 menyatakan bahwa 81% terjadinya perubahan pada hasil belajar disebabkan oleh peranan orang tua dan kebiasaan belajar secara bersama-sama, sedangkan sisanya 19% disebabkan oleh pengaruh variabel lain di luar kawasan penelitian ini misalnya minat, bakat dan lingkungan pergaulan.

Kata Kunci: Peranan Orang tua, Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar Biologi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PERANAN ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 13 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Pengarang Amalia Nurul Maulida - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua