Pengembangan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa VIII SMP Negeri 7 samarinda pada mata pelajaran IPS
Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Samarinda pada Mata Pelajaran IPS. Peneliti ini Dibimbing oleh Bapak Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Indah Permatasari S.E., M.M selaku Dosen Pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh upaya meningkatkan minat siswa dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi menguji tingkat kelayakan media pembelajaran video animasi dan mengetahui tanggapan dari minat siswa pada pembelajaran IPS berbasis video animasi Metode penelitian yang digunakan riset dan pengembangan, dengan model luther MDLC dan subjek penelitian siswa kelas VIII A, C dan D SMP Negeri 7 Samarinda yang berjumlah 90 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi angket kelayakan yang dinilai oleh ahli materi serta ahli media dan angket minat belajar siswa terhadap media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan penelitian ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,7 dengan kriteria sangat baik yang berarti materi yang digunakan dalam media tersampikan secara jelas dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Selanjutnya penelitian ahli media memperoleh rerata skor sebesar 4,3 dengan kriteria sangat baik yang artinya media yang dikembangan menarik dan layak digunakan karena memiliki kelebihan gambar, tampilan, dan suara yang interkatif yang membuat
siswa tertarik belajar dengan video animasi. Hasil tanggapan siswa menunjukan hampir seluruh siswa memberikan tanggapan positif terhadap video animasi mata pelajaran IPS. Berdasarkan uji coba kelompok kecil terdiri dari 6 orang
memperoleh presentase 88% dan kelompok besar terdiri dari 90 siswa memperoleh presentase 82,5% yang artinya media video animasi pada mata pelajaran IPS menarik minat belajar siswa melalui kelebihan-kelebihan yang teelah diperlihatkan.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan memudahkan siswa dalam memehami materi pembelajaran IPS.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengembangan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan minat belajar siswa VIII SMP Negeri 7 samarinda pada mata pelajaran IPS |
---|---|
Pengarang | NUR SAILATUL JANAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2023 |
Subyek | Media pembelajaran,video animasi,minat |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY