PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA
Nurul Aini, 2023. Pengaruh Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Take and Give Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA IT Granada Samarinda. Penelitian ini dibawah bimbingan Muhammad Azmi, M.Pd sebagai pembimbing 1dan Sainal A, M.Pd sebagai pembimbing 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh serta berapa besarpengaruh signifikansi pengaruh model pembelajaran Take and Give terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA IT Granada Samarinda. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posstest only control group design. Sampel yang digunakan terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen (X IPS A, X IPS B) dan kelas kontrol (X IPA B). Pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian uji hipotesis yang dilakukan berdasarkan data uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0,02 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh antara model pembelajaran take and give terhadap motivasi belajar. Besarnya koefisien variabel X dan variabel Y pada kelas eksperimen adalah 0,903 sehingga dikategorikan sangat kuat yaitu pada rentang 0,80-1,000. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran take and give dapat digunakan dalam proses pembelajaran sejarah di kelas.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA IT GRANADA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | NURUL AINI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI NUR p 2023 |
Subyek | Model Pembelajaran Take and Give, Motivasi Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN SEJARAH |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY