Detail Cantuman Kembali
Kharizma Ardillah - Personal Name

PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA KEFARMASIAN DI APOTEK, PEDAGANG BESAR FARMASI, RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS

Dalam upaya peningkatan tenaga kesehatan di bidang farmasi yang siap dipakai di lapangan pekerjaan, maka diperlukan penunjang kegiatan belajar di luar kampus. Salah satunya seperti Praktek Kerja Lapangan (PKL). Kegiatan Praktek Kerja Lapangan merupakan kegiatan pelatihan bagi penulis mengenai kefarmasian di apotek sebagai usaha pemberian pengalaman kepada calon Tenaga Teknis Kefarmasian, sehingga dapat diketahui kegiatan pengelolaan obat di apotek serta pelayanan dan administrasi apotek yang dilakukan secara terbimbing dan terpadu sebagai persyaratan pembentukan Tenaga Teknis Kefarmasian yang siap pakai.
Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Lapangan di Klinik Media Farma yaitu mempelajari sediaan farmasi, Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) yang ada di Klinik Media Farma, melakukan pengkajian resep, menyiapkan obat, Pelayanan Informasi Obat (PIO) dan pelayanan swamedikasi.
Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Lapangan di PT. Mahakam Sejahtera Abadi terdapat dua bagian tahapan, yaitu pada tahapan pertama melakukan pengarsipan faktur dan pada tahap kedua melakukan kegiatan meliputi penerimaan persediaan kefarmasian, penyimpanan, penyusunan, dan menyiapkan pesanan sesuai dengan picklist, kemudian melakukan pengecekkan kembali kesesuaian picklist sediaan serta menyesuaikan faktur sebelum obat dikemas.
Kegiatan yang dilakukan selama Praktek Kerja Lapangan di Apotek HNK Farma, yaitu melakukan kegiatan manajemen perbekalan pelayanan farmasi seperti penerimaan barang, penyimpanan barang berdasarkan alfabetis dan bentuk sediaan (Tablet/kapsul, sirup dan salep), serta pencatatan yang dilakukan pada kartu stok, melakukan pengkajian resep, menyiapkan obat, Pelayanan Informasi Obat (PIO) dan pelayanan swamedikasi.
Pelayanan kefarmasian di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo yang dilayani oleh apotek farmasi meliputi pasien umum, pasien Jaminan (BPJS, Inhealth, perusahaan). Pelayanan perbekalan farmasi mengacu pada masing-masing ketentuan tiap jenis pelayanan tersebut.
Praktek Kerja Lapangan (PKL) di UPTD Puskesmas Samarinda Kota merupakan suatu wujud sarana pelatihan bagi mahasiswa sebelum menjalankan perannya ketika terjun dalam pelayanan kefarmasian. Program studi DIII Fakultas Farmasi Universitas Mulawarman bekerja sama dengan UPTD Samarinda Kota untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang berlangsung pada tanggal 13 Maret - 8 April 2023. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman, wawasan, dan tambahan pengetahuan seputar rumah sakit serta melatih para calon Tenaga Teknis Kefarmasiaan (TTK) dalam menjalankan pekerjaan kefarmasiaan, memecahkan permasalahan yang terjadi di puskesmas baik dari segi pelayananmaupun manajerial yang nantinya dapat digunakan sebagai bekal dan gambaran mengenai peran, tugas, dan fungsi seorang Tenaga Teknis Kefarmasiaan (TTK) dalam lingkup pengelolaan dan pelayanan di puskesmas.
Manfaat yang di dapatkan dari kegiatan Praktek Kerja Lapangan ini yaitu adanya peningkatan baik dari segi wawasan ataupun ilmu pengetahuan tentang obatobatan yang beredar di masyarakat, serta dapat meningkatkan keterampilan kerja bagi Tenaga Teknis Kefarmasian.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBELAJARAN PRAKTEK KERJA KEFARMASIAN DI APOTEK, PEDAGANG BESAR FARMASI, RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS
Pengarang Kharizma Ardillah - Personal Name
No. Panggil LAPORAN TUGAS AKHIR KHA p 2023
Subyek laporan tugas akhir
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Farmasi
Jurusan D3 Farmasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua