Detail Cantuman Kembali

Pengaruh Monosodium Glutamate dan Pupuk Kandang Sapi Untuk Meningkatkan Kecepatan Tumbuh Stek Tanaman Hias Anggrek Tanah (Vanda douglas sp.)

RAHMATULLAH MUHAMMAD ABDURRAHMAN ADJIRIAM YUCTRASIA PRATAMA. Pengaruh Monosodium Glutamate dan Pupuk Kandang Sapi Untuk Meningkatkan Kecepatan Tumbuh Stek Tanaman Hias Anggrek Tanah (Vanda douglas sp.). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Rabiatul Jannah dan Surya Darma). Anggrek merupakan tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecepatan tumbuh pada jumlah akar, panjang batang dan jumlah daun tanaman anggrek tanah Vanda douglas sp. Penelitian ini dilaksanakan bulan Januari hingga Maret 2023, di Rumah Kaca Taman Anggrek Sendawar Waduk Panji Sukarame, Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian disusun dalam Rancangan Acak Lengkap dengan 3 ulangan menggunakan dua faktor perlakuan yang ditanam pada polybag ukuran 10×15. Parameter yang diamati yaitu jumlah akar, panjang akar rata-rata, panjang batang dan jumlah daun setelah melakukan stek batang pada umur 8 minggu setelah tanam, analisis unsur Nitrogen dan Natrium dilakukan pada minggu 1 dan minggu 8. Data dianalisis menggunakan sidik ragam dan dilanjutkan dengan uji wilayah- berganda Duncan dengan taraf 5%. Hasil penelitian pada hasil analisis sidik ragam menunjukkan pengaruh tidak nyata pada parameter panjang batang, jumlah akar dan jumlah daun. Dan pengaruh berbeda nyata pada parameter panjang rata-rata akar. Rata-rata panjang batang paling panjang dengan perlakuan Monosodium glutamate 1,5 gr adalah 32,67 cm. Rata-rata jumlah daun paling banyak dengan perlakuan Monosodium glutamate 0,5 gr dan perlakuan pupuk kandang sapi 0,4 kg berjumlah 10,67. Rata-rata jumlah akar paling banyak dengan perlakuan Monosodium glutamate 1,5 gr berjumlah 4,33. Rata-rata panjang akar paling panjang dengan perlakuan Monosodium glutamate 0,5 gr dan perlakuan pupuk kandang sapi 0,6 kg adalah 11,00 cm. Jumlah Nitrogen total paling banyak dengan perlakuan Monosodium glutamate 1,5 gr dan perlakuan pupuk kandang sapi 0,6 kg sebanyak 0,82%. Jumlah Natrium paling banyak dengan perlakuan Monosodium glutamate 1,5 gr dan perlakuan pupuk kandang sapi 0,6 kg sebanyak 1183,11 ppm. Diperoleh dosis terbaik untuk anggrek tanah yaitu dengan perlakuan Monosodium glutamate 0,5 gr dan perlakuan pupuk kandang sapi 0,6 kg.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Monosodium Glutamate dan Pupuk Kandang Sapi Untuk Meningkatkan Kecepatan Tumbuh Stek Tanaman Hias Anggrek Tanah (Vanda douglas sp.)
Pengarang Rahmatullah Muhammad Abdurrahman Adjiriam Yuctrasia Pratama - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI RAH p 2023
Subyek anggrek tanah
monosodium glutamate
stek
tanaman hias
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua