IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran fisika terintegrasi STEM terhadap hasil belajar pada siswa SMP kelas VIII pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dan one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa dari kelas VIII B SMP Negeri 1 Loa Janan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Hasil penelitian meningkat secara signifikan dengan rata-rata nilai pretest yaitu 22,2 dan setelah menggunakan pembelajaran STEM di kelas memperoleh nilai posstest yaitu 88,4 sehingga hasil N-Gain menunjukkan hasil belajar pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai 0,8510. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pembelajaran pada siswa dengan menggunakan pembelajaran STEM dengan hasil pretest yaitu bahwa pembelajaran STEM berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga penting penerapan STEM untuk membentuk hasil belajar siswa terhadap STEM.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FISIKA TERINTEGRASI STEM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP |
---|---|
Pengarang | FITRIYANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FIT p 2023 |
Subyek | Pembelajaran STEM, Usaha dan Energi, Hasil Belajar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Fisika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY