Detail Cantuman Kembali

ANALISIS ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL AWAN KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA

Novel merupakan karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekeklilingnya yang menonjolkan watak
serta sifat setiap pelaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi fakta cerita dan aspek sosial yang terdapat pada Novel Awan karya Syafruddin Pernyata.
Metode yang digunakan penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif penelitian kualitatif dengan memberikan gambaran tentang identifikasi mengenai fakta cerita dan aspek sosial pada Novel Awan karya Syafruddin. Kemudian dari segi teknik pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik analisis isi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) bentuk fakta cerita pada Novel Awan karya Syafruddin Pernyata terdiri dari 4 karakter, tokoh dan penokohan, yaitu tokoh utama: Awan, tokoh tambahan: Rimba, Sabariah, Mustika, Pak Misbah, Pak Bardin, Ahmat Hirrang, Halimah, DNN, Empat Sukawan, Mandor Baco, Bintang Kejora, Asrani Bin Mursal dan Benyamin, Agung Salam, Briptu Ikhsan, Aipda, dan Yitno. Menggunakan alur maju mundur, dan latar tempat yang terdapat pada cerita tersebut adalah sebuah wilayah Kalimantan Timur, Desa Muara Badak, Marangkayu, Kampung Santan, Danau Semayang, Kota Bangun, Bontang, Samarinda, Balikpapan, KampusWidya Gama Mahakam, Sungai Mahakam, Rumah Awan, Kantor Polisi, Perusahaan Cat, Sekolah SMP dan SMA, Masjid, Rumah Sakit AWS, serta latar suasana yang terdapat pada cerita tersebut yaitu sedih, tegang, dan bahagia. 2) wujud aspek sosial dalam sosiologi sastra meliputi: (a) etika; jujur, menghormati,menghargai perbedaan pendapat,membela kebenaran dan keadilan, (b) keadaan ekonomi; kerja keras, pantang menyerah dan bisa merubah nasib dengan usaha,(c) cinta kasih; pengabdian, menolong, kesetiaan dan kepedulian,(d) ketaatan beragama; kesadaran hati, bersyukur, meyakini adanya Allah swt dan berakal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL AWAN KARYA SYAFRUDDIN PERNYATA
Pengarang Adhereina Berlian Vindy Prahasti - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADH a 2023
Subyek Novel, Fakta Cerita, Aspek Sosial
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Bahasa dan Seni
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua