Detail Cantuman Kembali
MARIANA - Personal Name

Gambaran Pemberian Air Rebusan Daun Salam (Syzgium Polyanthum) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Di Wilayah Puskesmas Sidomulyo Samarinda

Latar Belakang : Asam urat yaitu penyakit persendian, terjadi karena kadar asam urat di dalam darah meningkat, menyebabkan penumpukan kristal asam urat pada jaringan lunak lainnya. Penanganan asam urat dapat dilakukan dengan dua cara yaitu farmakologi dan non farmakologi. Salah satu terapi yang dapat digunakan yaitu pemberian air rebusan daun salam (S. polyanthum).
Tujuan : Menganalisis gambaran pemberian air rebusan daun salam (S. polyanthum) terhadap penurunan kadar asam urat.
Metode : Desain penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui observasi pengukuran kadar asam urat pre dan post pemberian rebusan air daun salam (S. polyanthum) yang dilakukan pada 11 April 2023.
Hasil : Hasil penelitian empat orang partisipan menunjukkan hasil yang berbeda – beda, terjadi penurunan kadra asam urat yang signifikan pada masing-masing partisipan.
Kesimpulan : Peneliti menyimpulkan peningkatan kadar asam urat tidak hanya dapat diatasi dengan pengobatan farmakologi, tetapi bisa diatasi dengan pengobatan non farmakologi contohnya seperti pemberian air rebusan daun salam.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Gambaran Pemberian Air Rebusan Daun Salam (Syzgium Polyanthum) Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Di Wilayah Puskesmas Sidomulyo Samarinda
Pengarang MARIANA - Personal Name
No. Panggil KARYA TULIS ILMIAH MAR g 2023
Subyek Kadar Asam Urat
air rebusan daun salam
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan D3 Keperawatan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua