PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM KOPI JANJI JIWA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT
Kopi Janji Jiwa Samarindamerupakanperusahaantempat kopi yang saatinimenggunakanaplikasiInstagram sebagai media untukmempromosikanjualannya dan juga alatuntukmenjalinhubungannyadenganpelanggan. Salah satuhal yang masihmenjadipermasalahanadalahbagaimanahaltersebutdapatmenjagasertameningkatkanketerlibatannyaantarapenggunaan media Instagram denganpelanggan kopi Janji Jiwa Samarinda.
Tujuan pada penelitianiniuntukmengetahuilebihdalamterkaitpenggunaan media Instagram yang merupakan salah satubentukpromosiuntukmenjualprodukdari kopi Janji Jiwa Samarinda dan melibatkanpelanggan, sebabhampirtiapusaha yang melakukanpromosinya di Instagram tentuperlumelibatkanpelanggan. Metode yang dipakaidalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifkualitatif, teknikpengumpulan data yang dilakukanpenelitiadalahmelaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data primer daripenelitianiniadalah Kevin Candra Liandrymerupakankontenkreator dan Irfan FadilahsebagaiManajer Utama sertasumberpendukungdaripelanggan Dina, dan untuk data sekundernyaberupadokumendari Kopi Janji Jiwa Samarinda.
Berdasarkanhasilpenelitianpenggunaan media Instagram terdapatpengaruhdalammeningkatkanketerlibatanpelanggandenganbantuanteoridariStrauss & Frost yang menyebutkanbahwaada 3 pilar pentingyaitu: content engagement, media engagement, engagement marketing activities, serta Teori 4C oleh Chris Heuer yang juga mendukunganalisisiinidenganempat element utama: context, communication, collaboration, connection.Menuruthasilpenelitianpenelitiketiga pilar tersebutdapatdimanifestasikandenganbaik, seperti pada pilar pertamamenunjukanpenggunaanfiturInstagrammemanfaatkanfiturkomentar, cerita, dan pesaninstansertapenggunaanbahasa yang mudahdipahami.Kemudian pilar keduamemanfaatkan media yang paling efektifyaituInstagramsebagai media utamadalammelibatkanpelanggannya. Terdapat pilar terakhirdimanfaatkandenganbaiksepertimemberikan promo, mengajakpelangganbermainquiz, give away, mini games dan juga konsistendalammengunggahfoto, video, sertacerita.Melaluisemuapilar dan element ini, kopi Janji Jiwa Samarindaberhasilmemaksimalkanketerlibatanpelanggan dan menjagaloyalitasmerekamelaluikonten yang menariksertakonsisten di media sosial Instagram.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGGUNAAN MEDIA INSTAGRAM KOPI JANJI JIWA SAMARINDA DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT |
---|---|
Pengarang | Andra Prianata Setya - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AND p 2023 |
Subyek | Media Instagram, , Keterlibatan Pelanggan Kopi Janji Jiwa Samarinda |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY