Detail Cantuman Kembali

Pengaruh Penambahan Tepung Terigu dan Tapioka Terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Penerimaan Konsumen Sup Udang Instan dari Kepala Udang Windu (Penaeus monodon)

Kepala udang dapat digunakan sebagai bahan tambahan pangan alami karena kepala udang mengandung komponen flavor terutama asam amino glisin, prolin, arginin dan asam glutamat. Melihat potensi kepala udang yang cukup besar dan untuk meningkatkan nilai tambahnya, maka dilakukan usaha diversifikasi pengolahan kepala udang, salah satunya adalah mengolah kepala udang menjadi sup instan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik fisikokimia dan penerimaan konsumen sup instan dari kepala udang windu dengan penambahan tepung terigu dan tapioka. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan perlakuan penambahan persentase tepung terigu (7.5%, 6%, 4.5%, 3%, 1.5%) dan tepung tapioka (0%, 1.5%, 3%, 4.5%, 6%) pada sup instan dari kepala udang windu. Parameter yang diuji pada penelitian ini adalah kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, derajat putih, viskositas, daya rehidrasi serta penerimaan konsumen yang meliputi aroma, rasa, tekstur, dan warna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung terigu dan tapioka pada sup instan dari kepala udang windu memberikan pengaruh nyata terhadap uji fisikokimia dan tidak memberikan pengaruh nyata terhadap penerimaan konsumen. Hasil analisis fisikokimia pada kadar air (6,39-6,82%), abu (9.00-10.45%), lemak (17.00-22.62%), protein (34.19-36.74%), karbohidrat (29.83-39.84%), derajat putih (35.25-41.99%), viskositas (4.00-10.33dPas) dan daya rehidrasi (220-320%). Hasil penerimaan konsumen menunjukkan bahwa P4 (presentasi tepung terigu 1.5% dan tepung tapioka 6%) lebih disukai oleh panelis.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Penambahan Tepung Terigu dan Tapioka Terhadap Karakteristik Fisikokimia dan Penerimaan Konsumen Sup Udang Instan dari Kepala Udang Windu (Penaeus monodon)
Pengarang Muhammad Fajrul Febrianto - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2023
Subyek Tepung Tapioka
Udang windu
Sup Instan
Kepala Udang
Tepung Terigu
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Budidaya Perairan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua