Detail Cantuman Kembali
Mardasarina - Personal Name

Uji Toksisitas Akut Larutan Rimpang Kunyit (Curcuma domestica) Dan Pengaruh Subletal Terhadap Histopatologis Insang Ikan Nila (Oreochromis niloticus)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat toksisitas larutan rimpang kunyit (Curcuma domestica), berdasarkan nilai LC50-96 jam, perubahan histopatologis, pola renang dan frekuensi pernafasan ikan nila (Oreochromis niloticus). Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Toksikologi Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman. Metode penelitian menggunakan uji toksisitas terdiri dari dua tahap, yaitu uji pendahuluan memperoleh nilai ambang atas (LC100-24 jam) sebesar 1000 mg/L dan nilai ambang batas bawah (LC0-48 jam) sebesar 100 mg/L, dan uji lanjut untuk menentukan nilai LC50-96 jam menggunakan 5 konsentrasi dan 3 ulangan, yaitu 0 mg/L (kontrol); 158,48 mg/L; 251,13 mg/L; 397,93 mg/L; 630,54 mg/L; dan 999,10 mg/L. Pembuatan preparat histopatologis menggunakan metode paraffin, fiksatif bouin dan pewarnaan hematoxylin dan Eosin. Penentuan nilai LC50-96 jam dilakukan dengan analisis probabilitas unit, perubahan histopatologis insang secara deskriptif, pola renang dan frekuensi pernafasan secara tabulasi dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai LC50-96 jam larutan rimpang kunyit sebesar 234,55 mg/L dan termasuk dalam kriteria toksisitas rendah. Analisis histopathologis insang menunjukkan perubahan berupa odema, hiperplasia, fusi, dan telangiectasia. Terjadi perubahan pola renang serta meningkatnya frekuensi pernafasan pada ikan yang terpapar larutan rimpang kunyit selama 96 jam.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Uji Toksisitas Akut Larutan Rimpang Kunyit (Curcuma domestica) Dan Pengaruh Subletal Terhadap Histopatologis Insang Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Pengarang Mardasarina - Personal Name
No. Panggil 081351101656
Subyek Ikan Nila (Oreochromis niloticus)
Toksisitas
rimpang kunyit (Curcuma domestica)
histopatologis
insang
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Jurusan Akuakultur
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua