PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ITCI KENANGAN ARSARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peran orang tua dalam mengembangkan kemampuan bercerita melalui perannya dalam membimbing, (2) sebagai motivator (3) serta fasilitator kepada anak usia 5-6 Tahun di TK ITCI KENANGAN ARSARI, Kec. Sepaku, Kab. Penajam Paser Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, menggunakan teknik analisis data interaktif Miles & Huberman, dengan teknik pengumpulan data berupa (1) wawancara, (2) observasi, (3) dokumentasi. Hasilnya dari ketiga
narasumber, dua diantaranya memberikan perannya sebagai pendamping, motivator dan fasilitator, hasilnya yaitu anak dari kedua narasumber memiliki kemampuan bercerita yang baik. Namun satu narasumber tidak melakukan perannya sebagai pendamping dan motivator, dan hanya memberikan fasilitas kepada anak, hasilnya anak memiliki kemampuan bercerita yang baik, hal itu dipengaruhi oleh faktor lingkungan anak yang dekat dengan pasar dan memiliki kedua kakak yang mengajaknya bermain. Dari hasil penelitian tersebut,
perkembangan bercerita anak dapat diperoleh dari lingkungan sekitar anak, dengan memberikan pendampingan, memotivasi dan fasilitas kepada anak dalam berkegiatannya juga berpengaruh kepada akademiknya di sekolah. Hal ini peneliti lampirkan dalam indikator Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini indikator mengungkapkan bahasa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERCERITA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ITCI KENANGAN ARSARI |
---|---|
Pengarang | SEPTY SETIA NINGSIH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SEP p 2023 |
Subyek | Peran Orang Tua mengembangkan kemampuan bercerita |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY