Detail Cantuman Kembali
Annisa Ayu Wulandari - Personal Name

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN DAYA JUANG SISWA SMA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN MASA TRANSISI NEW NORMAL

Proses pembelajaran masa transisi new normal menjadi tantangan bagi siswa sekolah menengah. Siswa merasa kesulitan karena kurangnya pemahaman terhadap materi yang diberikan sehingga kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Kesulitan tersebut semakin kuat karena siswa memiliki daya juang siswa yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya hubungan kecerdasan emosional dengan daya juang siswa SMA selama proses pembelajaran masa transisi new normal yang dirancang menggunakan uji korelasional. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 186 siswa yang diambil menggunakan teknik probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala daya juang siswa dan kecerdasan emosional. Hasil uji reliabilitas skala daya juang siswa menghasilkan nilai alpha = 0.733. Sedangkan hasil uji reliabilitas skala kecerdasan emosional menghasilkan nilai alpha = 0.777. Kemudian hasil penelitian uji hipotesis non-parametrik Kendall’s Tau menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan daya juang siswa dengan nilai r = 0.135, dan p = 0.010 (p < 0.05).

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN DAYA JUANG SISWA SMA SELAMA PROSES PEMBELAJARAN MASA TRANSISI NEW NORMAL
Pengarang Annisa Ayu Wulandari - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ANN h 2023
Subyek kecerdasan emosional
daya juang siswa
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Psikologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua