Detail Cantuman Kembali
Yuni Setiawati - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023

Yuni Setiawati, 2023. Peningkatan Hasil Belajar Ips Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa
Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. “Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mohammad Siddik, M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing I dan Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si. sebagai Dosen Pembimbing II”.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Hasil belajar IPS peserta didik kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang tahun pembelajaran 2022/2023 belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara
peneliti dengan guru kelas dan diperoleh hasil belajar IPS kelas IV hanya terdapat 4 peserta didik yang mencapai nilai KKM atau hanya sekitar 14,28%, sedangkan sebanyak 24 peserta didik belum mencapai nilai KKM atau sekitar 85,71%. Hal ini terjadi dikarenakan guru yang kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukanlah penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas(PTK) yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023 di SDN 008 Sungai Kunjang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV D SDN 008 Sungai Kunjang yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam melalui model pembelajaran Prbolem Based Learning. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, persentase aktivitas guru dan peserta didik, ketuntasan hasil belajar, nilai akhir dan dan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPS materi pemanfaatan sumber daya alam melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023. Peningkatan hasil belajar peserta didik tersebut terbukti dari nilai pra siklus rata-rata kelas 52,85 dengan peserta didik tuntas 6 orang (21,42%) dan 22 orang (78,58%) peserta didik belum tuntas. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan 25,33% dari nilai pra siklus dengan rata-rata kelas 66,25 dengan peserta didik tuntas 14 orang (50%) dan 14 orang (50%) belum tuntas. Hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 44,25% dari pra siklus dengan rata-rata kelas 76,25 dengan peserta didik tuntas 23 orang (82,14%) dan 5 orang (17,86%) belum tuntas. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning telah berlangsung dengan baik dan dapat menunjang peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, disarankan kepada guru dalam mengajarkan materi pembelajaran hendaknya mengedepankan penggunaan model pembelajaran problem based learning.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV SDN 008 Sungai Kunjang Tahun Pembelajaran 2022/2023
Pengarang Yuni Setiawati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI YUN p 2023
Subyek Hasil Belajar IPS
, Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam
Model Pembelajaran Problem Based Learning.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua