ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PART ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 03 TENGGARONG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) analisis proses cara guru dalam mengenalkan lambang bilangan melalui media loose part untuk anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong; (2) analisis hasil evaluasi kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loose part anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 03 Tenggarong. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan pada penelitian ini melalui: wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengadopsi model Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cara guru mengenalkan lambang bilangan kepada anak melalui media loose part menggunakan 3 langkah tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan dan penutup; (2) hasil evaluasi kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loose part menggunakan penilaian otentik, anak mengalami perkembangan dalam kemampuan mengenal lambang bilangan sesuai dengan indikator yang dituju. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal lambang bilangan melalui media loose part ini berkontribusi dalam mengoptimalkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA LOOSE PART ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI 03 TENGGARONG |
---|---|
Pengarang | Lara Octaviani - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI LAR a 2023 |
Subyek | Anak Usia 5-6 Tahun lambang bilangan loose part |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY