PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK ANAK BANGSA SAMARINDA
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi di lapangan tentang Bagaimana Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukkan Sikap Sosial Anak
Usia Dini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru sentra masingmasing. Dari hasil penelitian ini yaitu peran lingkungan sekolah dalam membentuk sikap anak melalui peran kepala sekolah dan guru yang ada di TK Anak Bangsa, bagaimana kepala sekolah dan guru mencerminkan pembiasaan, kepedulian, kemandirian, kedisiplinan, dan berahlak mulia sebagaimana dengan visi yang ada. Bahwa TK Anak Bangsa Samarinda juga sudah menerapkkan aturan-aturan dalam membentuk sikap sosial anak, yaitu bagaimana anak disiplin, memiliki sikap peduli terhadap sesama dan lingkungan, memiliki nilai jujur dan sopan. Serta perencanaan progam kegiatan yang membentuk sikap sosial anak seperti, program perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran guru, dan sikap manajerial kepala sekolah. Sehingga dampak penelitian ini sangat pengaruh bagi peneliti untuk kedepannya dalam dunia pendidik bagaimana membangun sikap sosial yang baik terutama kepada peserta didik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN LINGKUNGAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK ANAK BANGSA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | May Darli Ros Herlina - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAY p 2023 |
Subyek | Anak Usia Dini, Sikap Sosial, Lingkungan Sekolah |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY