Detail Cantuman Kembali
Tyas Bella Kartika - Personal Name

Studi Keanekaragaman Jamur Makroskopis Pada Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit PT. Tritunggal Sentra Buana di Muara Badak (Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X)

Tyas Bella Kartika, 2023 Studi Keanekaragaman Jamur Makroskopis Pada Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit PT. Tritunggal Sentra Buana di Muara Badak (Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X). Penelitian ini dibimbing oleh Masitah, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Dora Dayu Rahma Turista, S.Si, M.Pd selaku pembimbing II. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) merupakan limbah dari pengolahan minyak kelapa sawit, yang akan ditumpuk di area perkebunan Kelapa Sawit PT. Tritunggal Sentra Buana di Muara Badak. Kondisi TKKS yang lembab sangat memungkinkan untuk menjadi media tumbuh berbagai jenis makhluk hidup, tanpa terkecuali jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis jamur, karakteristik morfologi jamur, edible-litas jamur, dan keanekaragaman jamur pada tandan kosong kelapa sawit di PT. Tritunggal Sentra Buana di Muara Badak. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Juli 2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan metode penelitian eksplorasi. Pengambilan sampel dilakukan pada tempat pembuangan limbah tandan kosong kelapa sawit, dengan umur dekomposisi tumpukan TKKS yaitu 1, 2, dan 3, bulan. Jamur yang ditemukan kemudian di identifikasi karakteristik morfologinya dan jenis-jenis jamur tersebut. Dari hasilpenelitian ditemukansebanyak 9 jenis jamur makroskopis yang terdiri dari 1 Ordo, 6 Famili. Jamur yang bersifat edible antara lain yaitu, Volvariella volvacea, Pleurotus ostreatus, Marasmius oreades. Dan jamur yang bersifat non edible antara lain yaitu, Parasola auricoma, Parasola plitacilis, Coprinopsis lagopus, Crepidotus mollis. Serta jamur yang bersifat poisonous yaitu Conocybe tenera, dan
Leucocybe candicans. Indeks keanekaragaman termasuk dalam kategori sedang dengan nilai indeks keanekaragaman 2,06. Indeks kemerataan termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai indeks kemerataan 0,94. Indeks dominansi termasuk dalam kategori rendah dengan nilai indeks dominansi 0,141.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Studi Keanekaragaman Jamur Makroskopis Pada Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit PT. Tritunggal Sentra Buana di Muara Badak (Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati SMA Kelas X)
Pengarang Tyas Bella Kartika - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TYA s 2023
Subyek keanekaragaman
Jamur
perkebunan sawit
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Biologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua