Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023
Fransiska Rosari Liku Beo, 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023. ”Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Yudo Dwiyono, M.Si, sebagai Dosen Pembimbing I dan Drs. H. La Djangka, M.Pd, sebagai Dosen Pembimbing II”.
Kata Kunci : Hasil Belajar IPA, Materi Siklus Air, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan pelajaran IPA materi siklus air. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023?, Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SDN 007 Samarinda Ilir tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir yang berjumlah 26 siswa dan objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA dan peningkatan setiap siklusnya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata, rumus persentase, dan grafik. Hasil penelitian bab IV menunjukkan bahwa pada prasiklus siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 57,69 dengan persentase ketuntasan 19,23%. Kemudian pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 14,04 dengan nilai ratarata kelas 71,73 serta jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang, hingga presentase siswa yang tuntas sebesar 50%. Pada prasiklus ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,62 dengan nilai rata-rata kelas 82,31 serta jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 orang hingga persentase ketuntasan menjadi 80,77%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi siklus air menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada siswa kelas V SD Negeri 007 Samarinda Ilir tahun pembelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas V SDN 007 Samarinda Ilir Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Fransiska Rosari Liku Beo - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FRA p 2023 |
Subyek | Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Pic |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY