Detail Cantuman Kembali
Silia Saidatul aslamiah - Personal Name

Pengaruh Teknik Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Rimba 2 Samarinda

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh kemampuan motorik halus dalam hal membuat pola, menjiplak bentuk, mengkoordinasikan mata dan tangan, melakukan gerakan yang rumit, berkarya seni, melakukan gerakan manpulatif serta mengontrol gerakkan tangan menggunakan otot halus melalui teknik fingerpaintingpada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 2 Samarinda. Pada kelompok A perkembangan motorik halusnya belum berkembang dengan baik contohnya belum bisa memegang pensil dengan benar, belum bisa menempel sesuai arahan dan belum bisa membuat garis lurus.Salah satu cara untuk meningkat motorik halus anak usia dini yaitu dengan mengenalkan fingerpaintingkarena fingerpainting merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena anak dapat berkreasi,selain itu anak dapat mengembangkan motorik halus dengan melatih koordinasi mata dan tangan sebab akan memberikan sensasi pada jari saat melukis sehingga dapat merasakan kontrol jari dan membentuk konsep. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian pre-eksperimental tipe onegrouppretest-posttestdesign. Dalam penelitian ini populasinya adalah kelompok A TK Tunas Rimba 2 Samarinda, yang berjumlah 9 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Hasil penelitian ini yaitu, nilai rata-rata pretestadalah 41,94 dengan presentase 55,6% anak dalam kategori mulai berkembang dan 44,4% anak dalam kategori belum berkembang. Setelah adanya treatment(perlakuan), nilai rata-rata posttestadalah 71,67 dengan presentase 55,6% anak dalam kategori berkembang sesuai harapan, 22,2% anak dalam ategri berkembang sangat baik, dan 22,2% anak dalam kategori mulai berkembang. Berdasarkan hasil pretestdan posttesthasil n-gain diperoleh kriteria kategori sedang yaitu normalized gain 0,5 < 0,7 dengan persentase 56,55% yang berarti teknik fingerpaintinguntuk kemampuan motorik halus anak berada pada kategori cukup efektif. Pada taraf signifikan data uji-t, diperoleh nilai signifikan 0,000 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fingerpainting memiliki pengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Rimba 2Samarinda. Maka dalam kesimpulannya bahwafingerpainting merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran yang memberikan pengaruh pada kemampuan motorik halus anak dalam hal melukis pada fingerpainting menurut warna, bentuk, dan ukurannya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Pengaruh Teknik Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Tunas Rimba 2 Samarinda
Pengarang Silia Saidatul aslamiah - Personal Name
No. Panggil skripsi silia
Subyek Motorik Halus
Teknik Finger Painting
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan pendidikan Anak Usia Dini
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua