Detail Cantuman Kembali
Muhammad Wahid Saputra - Personal Name

Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Materi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Unity Software

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membangun aplikasi Augmented Reality dengan menggunakan Software Unity, (2) Menilai tingkat kelayakan dari aplikasi Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer dengan menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai Alat Bantu Pembelajaran dalam mempelajari pengenalan perangkat keras komputer.Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan mengadopsi model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam proses pengembangan aplikasi Pengenalan Hardware ComputerDengan Menggunakan Augmented Reality. Penelitian ini melibatkan enam tahapan dalam pengembangan aplikasi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dan dikumpulkan melalui metode angket yang disebarkan kepada siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 8 Samarinda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rancang Bangun Aplikasi Augmented Realiy dengan menggunakan Software Unity melalui tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, penyusunan, pengujian, dan distribusi, (2) Alpha Testing dilakukan oleh Ahli Media dan Ahli Materi, Evaluasi kelayakan aplikasi oleh ahli media menunjukkan kategori "Sangat Layak" dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,64. Selain itu, evaluasi oleh ahli materi juga menunjukkan aplikasi ini masuk dalam kategori "Sangat Layak" dengan skor rata-rata keseluruhan mencapai 4,83. Selanjutnya, dalam tahap Beta Testing yang melibatkan siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 8 Samarinda, aplikasi ini mendapatkan kategori "Layak" dengan skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,05.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Untuk Materi Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Unity Software
Pengarang Muhammad Wahid Saputra - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH r 2023
Subyek Augmented Reality
Perangkat Keras Komputer
Unity Software
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Komputer
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua