Implementasi Kurikulum merdeka Pembelajaran Sejarah DI MAN BONTANG
Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran sejarah di MAN Bontang serta kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini tergolong dalam penelitian lapangan atau filed research dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, penelusuran arsip, dan studi pustaka. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan sumber sekunder berupa buku-buku, jurnal, dan sumber lainnyasubjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah selaku pelaksana kebijakan dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum merdeka baru diterapkan dalam pembelajaran sejarah selama satu tahun ajaran di MAN Bontang. Penerapan kurikulum merdeka berdasarkan hasil penelitian ini secara umum pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai tahapan yang sudah disusun dalam modul ajar walaupun secara keseluruhan prinsip pada kurikulum merdeka belum maksimal diterapkan, sebab terdapat beberapa kendala diantaranya referensi bahan ajar yang masih terbatas dan kemampuan (soft skill) yang belum sesuai dengan kurikulum merdeka. Sebaiknya pihak sekolah sering mengikutkan guru untuk pelatihan pengembangan keprofesian agar pemahaman terhadap kurikulum merdeka semakin dalam
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Implementasi Kurikulum merdeka Pembelajaran Sejarah DI MAN BONTANG |
---|---|
Pengarang | Kidung asih pangastuti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI KID i 2023 |
Subyek | Pembelajaran Sejarah, Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, MAN Bontang |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Sejarah |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY