PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 SAMARINDA
Intan Yovita Sari, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Samarinda, Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Evie Palenewen, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Dr. Vandalita M.M Rambitan, M.P selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar biologi materi ekosistem pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Samarinda. Mutu pembelajaran dapat ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai, yang dapat membuat siswa menguasai materi dengan baik. Think Pair Share (TPS) merupakan pembelajaran yang mengutamakan proses kerja sama dalam berfikir dan berinteraksi dalam memecahkan suatu permasalahan, sangat efektif untuk membuat pola diskusi kelas lebih bervariasi sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar biologi materi ekosistem pada siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 17 Samarinda. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy eksperimen), yang di desain menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen yaitu kelas X.2 dan satu kelas kontrol yaitu kelas X.1. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Independent Sample t Test dengan taraf signifikansi 5% 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa uji Independent Sample t Test dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar menunjukkan nilai sig. 2 tailed yaitu (0,002
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 17 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | INTAN YOVITA SARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI INT p 2023 |
Subyek | Model Pembelajaran Pembelajaran kooperatif, Think Pair Share, Hasil belajar. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Biologi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY